Kunjungi dan Nikmati Suasana Tempo Doeloe di Restoran Melati

Berbagai koleksi yang ada di Restoran Melati (Gambar diambil dari web TripAdvisor.com)

DIORAMALANG.COM, 17 OKTOBER 2020 – Halo Ker! Nuansa tempo doeloe dan Malang memang seakan-akan tidak terpisahkan. Banyaknya tempat-tempat dengan suasana tempo doeloe, membuat Malang masih memiliki ciri khas sebagai kawasan heritage. Selain tempat wisata hiburan dan edukasi, ternyata Malang juga memiliki sebuah wisata kuliner yang memanfaatkan nuansa tempo doeloenya sebagai daya tarik tersendiri.

Wisata kuliner tersebut adalah Restoran Melati yang terletak di Hotel Tugu Malang, tepatnya di Jalan Tugu No. 3, Kec. Klojen, Kota Malang. Hotel Tugu Malang sendiri memiliki desain interior ala tempo doeloe sehingga penempatan Restoran Melati sangat tepat jika ingin membangun konsep restoran dengan nuansa heritage. Meskipun terletak di Hotel Tugu Malang, restoran ini bisa dikunjungi oleh siapa saja lo, tidak hanya para tamu di Hotel Tugu Malang saja.

Dikenal dengan nuansa tempo doeloe, Restoran Melati memiliki banyak sekali koleksi barang antik dan barang peninggalan Belanda. Koleksi tersebut bisa dinikmati oleh para pengunjung sambil menunggu pesanan mereka datang. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengetahui perjalanan kisah pendiri Hotel Tugu di mana resto ini masih berada di lingkungan Hotel Tugu Malang.

Bahkan ketika datang ke Restoran Melati yang ada di lingkungan Hotel Tugu Malang ini, para pengunjung akan merasakan layaknya berada di sebuah museum. Hal tersebut didukung dengan penelitian oleh Veronica Wibiksana dan Estikowati yang menjelaskan bahwa tamu-tamu menyebut Hotel Tugu Malang sebagai museum antik dengan suasana yang sangat romantic dan ada juga yang menyebutnya sebagai kehidupan masa lalu yang begitu eksotis.

Meskipun terkenal sebagai resto yang unik, Restoran Melati tetap menyediakan fasilitas untuk pertemuan bisnis atau keluarga baik pertemuan skala kecil hingga ke skala besar.

Ditambah lagi, banyaknya spot foto dengan tema tempo doeloe menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Harapannya adalah para pengunjung bisa terhibur dan memiliki kesan baru terhadap resto yang memiliki nuansa berbeda dari resto lainnya.

Resto Melati juga bisa digunakan untuk pertemuan skala besar (Gambar diambil dari web Travel.kompas.com)

Selain memiliki nuansa yang berbeda, Restoran Melati juga memiliki ciri khas tersendiri. Berdasarkan informasi dari Bisnis.com, diungkapkan bahwa Restoran Melati Hotel Tugu Malang meraih Certificate of Excellence TripAdvisor karena dinilai memberikan layanan terbaik dan konsisten. Prestasi tersebut didasarkan pada ulasan para pengunjung pada laman TripAdvisor yang merupakan situs ulasan tempat wisata.

Hampir seluruh ulasan yang ada di TripAdvisor mengungkapkan bahwa pelayanan di Restoran Melati sangat baik. Dikutip dari Timesindonesia.co.id, senyum ramah dan tutur kata halus menjadi ciri khas Melati Restaurant Hotel Tugu Malang. Senyuman inilah yang selalu diberikan karyawan Melati Restaurant Hotel Tugu Malang dalam memberikan pelayanannya. Karena bagi resto yang mengangkat konsep perpaduan antara budaya Jawa-China-Eropa ini, Senyuman tulus adalah media yang sangat personal dalam membangun sebuah hubungan dengan tamu.

Selain itu, keunikan Restoran Melati juga tampak pada menu-menu spesial yang hadir di saat-saat tertentu seperti pada saat Ramadhan, Imlek, hingga tahun baru. Meskipun hadir dengan berbagai keunikan, Restoran Melati tetap mempertahankan nuansa tempo doeloe sebagai konsep dasar.

Di restoran ini, kamu dapat menemukan benda-benda antik ala tempo doeloe Ker. Tidak hanya sebagai interior saja, benda-benda antik yang ada di Restoran Melati juga memiliki kisah dibaliknya. Jadi, para pengunjung restoran ini tidak perlu khawatir akan merasa bosan karena banyaknya koleksi yang ada di Restoran Melati ini.

Lokasi dari Restoran Melati yang memiliki nuansa tempo doeloe, sangat cocok jika disandingkan dengan konsep desain interior dari Hotel Tugu Malang sendiri. Pasalnya, konsep yang selaras tersebut akan mempengaruhi minat para pengunjung karena memiliki satu ciri khas yang digunakan sebagai keunikan.

Berdasarkan penjelasan dari Rina Rachmawati dalam Jurnal Kompetensi Teknik, menjelaskan bahwa pemilihan lokasi merupakan nilai investasi yang paling mahal, sebab lokasi bisa dikatakan menentukan ramai atau tidaknya pengunjung. Meskipun berada di area Hotel Tugu Malang, Restoran Melati tetap terbuka untuk siapa saja sehingga tidak hanya tamu hotel yang dapat menikmati kuliner dengan nuansa tempo doeloe ini.

Jika kamu berkunjung ke Malang, jangan sampai lewatkan untuk berwisata kuliner ke resto yang satu ini ya Ker! Selain memanjakan lidah dan perut, disini kamu juga akan dimanjakan dengan nuansa yang berbeda. (Awp)

Penulis: Alvien Wardhana P

Editor: Rofidah Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *