Tlogo Land Lawang, Keunikan Alamnya yang Memikat

Pintu masuk Tlogo Land yang terletak di Jalan Telogorejo, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang(Gambar diambil dari web Ngalam.co)

DIORAMALANG.COM, 16 OKTOBER 2020 – Kabupaten Malang hingga saat ini masih unggul dengan wisata alamnya yang banyak dikenal oleh masyarakat luas. Tidak membutuhkan waktu lama agar wisata anyar yang ada di Kabupaten Malang dikenal oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan adanya wisata alam yang sedang naik daun yaitu Tlogo Land Lawang.

Kecamatan Lawang, Kabupaten Lawang tidak hanya terkenal dengan Wisata Agro Wonosari dan Bukit Kuneernya saja. Kali ini terdapat wisata alam dengan suguhan alamnya yang masih asri. Keindahan alam yang terdapat di Tlogo Land Lawang ini dapat dinikmati dengan beberapa kegiatan seru di sana.

Namun sebelum mengenal lebih banyak mengenai apa saja yang terdapat di Tlogo Land, simak dahulu bagaimana awal mula berdirinya wisata alam ini yang hingga kini masih ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tentu dengan menyimak sejarah berdirinya Tlogo Land ini membuat perjalanan wisata kalian menjadi lebih bermakna.

Menurut Santoso Sughawa dalam jurnalnyabermula dari ide Ngatemin Ketua LMDH Lincing Lestari yang mempunyai angan-angan untuk membuat tempat wisata di wilayah tersebut. Wilayah Tlogo Land adalah milik Perhutani yang dikelola oleh kelompok LMDH Lincing Lestari.

Hingga pada bulan November 2015, Ngatemin bertemu dengan Santoso Sughawa dan membicarakan mengenai angan-angan Ngatemin tersebut. Tanpa banyak kata, akhirnya Ngatemin dan Santoso Sughawa mengunjungi lokasi Tlogo Land dan kemudian mereka merancang denah lokasi Tlogo Land.

Sedangkan untuk nama Tlogo Land sendiri berawal dari tanpa kesengajaan, mulanya saat membuat denah lokasi mereka kebingungan dalam menentukan judul. Hingga pada akhirnya diberi judul Tlogo Land, hal tersebut dikarenakan lokasi wisata ini berada di Dusun Tlogo dan untuk Land sendiri artinya tanah atau bumi.

Setelah melewati berbagai usaha untuk membangun wisata alam Tlogo Land ini, hasil apik pun mereka dapatkan. Apa yang menjadi angan-angan Ngatemin terwujud, pihak Perhutani menyetujui dan biaya merupakan swadaya mandiri dari LMDH Lincing Lestari.

Setelah menyimak awal mula berdirinya wisata alam Tlogo Land, kita akan mengulas mengenai kegiatan atau aktifitas apa saja yang dapat kalian lakukan ketika berwisata di Tlogo Land ini. Tentu sangat variatif sekali Ker, dan kalian dapat menikmatinya bersama keluarga, kerabat, dan lainnya.

Menurut laporan Sekilasmedia.com, wisata Tlogo Land juga mampu menghasilkan buah-buahan diantaranya alpukat, pepaya kalifornia, jeruk, dan kopi. Kesemuanya dapat dipetik sendiri serta dinikmati saat di lokasi bahkan bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Dari potensi alam Tlogo Land ini juga mampu menggiring pengunjung untuk berwisata di sana. Hal tersebut juga mampu mengedukasi pengunjung mengenai tata cara pertanian. Tidak hanya sekedar berwisata alam di Tlogo Land, namun kalian juga akan mendapatkan edukasi lebih mengenai pertanian.

Menilik laporan dari Ngalam.co, selain beberapa spot Instagramable, wisata Tlogo Land ini memiliki beberapa macam aktivitas yang bisa dilakukan. Arena outbond, flying fox, dan bagi kalian pecinta olahraga ekstrim terdapat sepeda gunung. Untuk kalian yang memiliki hobi berenang pun juga disediakan wahana kolam renang.

Selain itu untuk kalian yang ingin berkemah, di Tlogo Land juga tersedia area camping ground yang cukup luas. Uniknya di beberapa jalan setapak terdapat deretan gubug (pondok) yang dimanfaatkan untuk sekedar melepas lelah. Jika rasa lapar datang menghampiri, kalian tidak perlu repot-repot untuk membeli di luar wisata ini karena di wisata ini terdapat beberapa deretan warung yang juga menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Objek wisata Tlogo Land dengan nuansa alam yang asri (Gambar diambil dari web Kanalmalang.net)

Tidak hanya itu saja Ker, di objek wisata Tlogo Land ini juga terdapat berbagai macam spot foto menarik yang akan kalian jumpai di sana. Tentu saja spot-spot foto di sana lengkap sekali dengan pemandangan yang asri dan luar biasa cantik.

Untuk kalian yang hanya ingin sekedar menghabiskan waktu di objek wisata ini dengan berswafoto tentu sangat bisa. Atau kalian hanya ingin sekedar duduk-duduk santai di gubug-gubug yang tersedia, ditemani dengan minuman hangat dan hidangan lezat, juga bisa loh Ker.

Fasilitas yang dimiliki objek wisata Tlogo Land ini tentu jangan diragukan lagi. Toilet yang bersih dan lahan parkir yang luas akan memberi kamu kenyamanan. Jadi jangan khawatir ya Ker, kalian akan dibuat senyaman mungkin selama berwisata di Tlogo Land dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Menurut Ceballos dan Lascuarin dalam Jurnal Penelitian milik Samsul Arifin Universitas Muhammadiyah Malang, menjelaskan bahwa wisata alam merupakan salah satu jenis rekreasi dengan mengadakan kegiatan perjalanan atau sebagian kegiatan tersebut bersifat sementara untuk menikmati gejala keunikan dan keindahan alam melalui terminologi ecotourism.

Para wisatawan yang datang di objek wisata Tlogo Land ini tentu saja hadir untuk menikmati keindahan alam dan keunikannya. Mereka meramaikan wisata alam ini juga sebagai bentuk rasa peduli akan alam. Potensi wisata alam Tlogo Land juga menjadi salah satu alasan wisatawan mengunjungi objek wisata ini.

Jadi bagaimana Ker? Kalian tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini? Jika kalian ingin berkunjung ke Tlogo Land, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya Ker. Kuy buat kesan menarik pada objek wisata Tlogo Land ini Ker! (Siw)

Penulis: Shofiyatul Izza W.

Editor: Rofidah Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *