Bersantai dan Berbincang di Lembah Indah Malang

Suasana Asri dan Sejuk di Lembah Indah Malang (Gambar diambil dari web Nusadaily.com)

DIORAMALANG.COM, 15 OKTOBER 2020 – Halo Ker! Melihat banyaknya destinasi wisata yang ada di Malang, membuat para wisatawan terkadang merasa bingung untuk memilih tempat wisata yang akan dikunjungi. Mungkin berkunjung ke tempat yang sudah dikenal oleh masyarakat luas merupakan hal biasa, akan tetapi kamu harus coba untuk kunjungi salah satu destinasi wisata yang juga menjadi surga wisata di Malang yaitu Lembah Indah Malang.

Wisata yang tergolong baru ini menawarkan konsep wisata yang berbeda dari lainnya. Di lain sisi, panorama alam yang indah dengan suasana sejuknya pedesaan akan memanjakan bagi siapa saja yang datang ke Lembah Indah Malang ini. Dari pada penasaran, kuy simak ulasannya berikut ini!

Pada mulanya, wisata ini muncul karena adanya pengembangan potensi wisata di daerah Balesari, Kecamatan Ngajum, Malang. Melalui pemanfaatan daerah yang memiliki banyak potensi wisata, Lembah Indah Malang hadir untuk menarik lebih banyak wisatawan. Selain itu, tujuan dari adanya wisata ini sebagai bentuk pengembangan infrastruktur dan juga perlindungan alam.

Adanya pengembangan infrastruktur melalui salah satu wisatanya yaitu Lembah Indah Malang, membuat Desa Balesari layak untuk menjadi Desa Wisata. Hal tersebut juga didukung oleh penjelasan Bambang Kuncoro dan kawan-kawannya dalam Journal Of Public Administration And Local Governance di mana penghitungan potensi Desa Balesari menggunakan Indeks Pembangunan Desa sebesar 48,72119.

Artinya desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar, infrastruktur, aksesibilitas atau transportasi, pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang masih minim. Maka dengan adanya wisata Lembah Indah Malang ini semakin memperkuat daerah Balesari menjadi Desa Wisata.

Wisata Lembah Indah Malang ini menjadi pilihan yang tepat jika ingin berwisata dan belajar sambil menikmati suasana pedesaan. Pasalnya, wisata ini tidak hanya menawarkan wisata alam melainkan juga wisata edukasi dengan tema Back to nature. Tidak hanya memberikan pemandangan alam yang menawan, melainkan juga dilengkapi dengan potensi pemanfaatan alamnya.

Berdasarkan laporan dari Jatimtimes.com, wisata Lembah Indah Malang ini dilengkapi dengan potensi pertanian, perkebunan, perikanan yang dikelola warga setempat. Dibalut dengan sejarah dan keramahan masyarakatnya, menjadi modal kuat sebuah wilayah menjadi destinasi wisata potensial.

Dari sisi edukasi yang ditawarkan yaitu pembelajaran tentang cara berkebun dan bercocok tanam dengan berbagai jenis tanaman. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang berbagai metode menanam. Mulai dari metode hidroponik, organik, dan juga metode penanaman biasa.

Selain itu, wisata ini memiliki keunikan tersendiri di mana Lembah Indah Malang juga menawarkan suasana camping. Konsep perkemahan pun terbilang sangat berkualitas dan mewah sehingga sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. Namun jangan salah dulu Ker, meskipun hadir dengan konsep perkemahan akan tetapi yang digunakan untuk camping bukan tenda pada umumnya melainkan glamour camping.

Glamour Camping yang Menawarkan Suasana Baru Bagi Para Pengunjung (Gambar diambil dari web Idntimes.com)

Melalui glamour camping ini, diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan sehingga makin banyak pengunjung yang akan datang. Banyaknya wisatawan yang datang akan memberikan dampak yang positif terutama bagi warga Desa Balesari sebagai Desa Wisata. Hal tersebut dikarenakan banyaknya Usaha Kecil Menengah (UKM) milik masyarakat yang memanfaatkan potensi wisata Desa Balesari.

Dalam Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan yang ditulis oleh Whinarko Juliprijanto dan kawan-kawannya, menjelaskan bahwa di Desa Balesari usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah usaha pembuatan besek (11 UKM) dan kepang (15 UKM), toko kelontong (5 UKM), makanan ringan (8 UKM) dan usaha karet (5 UKM).

Adanya hasil riset tersebut menunjukkan bahwa wisata yang ada di Desa Balesari akan memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar. Ditambah lagi, dengan hadirnya Lembah Indah Malang sebagai tempat wisata baru dengan konsep yang baru pula, akan memperkuat Desa Balesari sebagai Desa Wisata.

Akses untuk menuju wisata ini terbilang mudah, hanya saja para wisatawan akan bertemu dengan jalan yang menanjak karena keberadaan wisata ini terletak di pegunungan. Harga tiketnya pun terbilang murah, karena dengan Rp 15 ribu pengunjung sudah bisa menikmati wisata alam sekaligus beredukasi di Lembah Indah Malang ini.

Ingin berkunjung ke Lembah Indah Malang ini? Kuy datang bersama keluarga, teman, atau pasangan. Dijamin dengan harga tiket yang murah, kamu gak akan kecewa Ker! Banyak juga spot foto yang Instagramable lo. Jadi tunggu apa lagi? (Awp)

Penulis: Alvien Wardhana P

Editor: Rofidah Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *