Ini Dia Klub Sepak Bola yang Jadi Kebanggaan Arek Malang

Para Pemain Arema Indonesia yang Menjuarai ISL Pada Tahun 2009/2010 (Gambar diambil dari web Suratkabar.id)

DIORAMALANG.COM, 24 SEPTEMBER 2020 – Tak hanya identik dengan wisata alam, sejarah, dan kulinernya, Malang juga identik dengan sepak bola, bahkan mayoritas masyarakatnya sangat fanatik alias gila bola. Jadi tidak heran lagi bila sejarah mencatat bahwa sepak bola adalah suatu kehormatan bagi masyarakat Malang. Pada kota yang memiliki julukan kota dingin ini pula, Malang tercatat sebagai kota yang memiliki budaya sepak bola tertua di Indonesia.

Dengan diperkenalkannya olahraga sepak bola pada masyarakat di masa penjajahan Belanda, menimbulkan kelahiran tim sepak bola dengan jumlah pemain asli Malang yang cukup banyak dan mewakili klubnya sebagai duta Timnas Hindia Belanda yang kemudian dapat berlaga di tingkat Internasional sampai ke Piala Dunia 1938. Oleh karena itu pemahaman tentang sepak bola Malang yang lahir di era modern adalah salah besar.

Namun wilayah Malang Raya sendiri menyimpan potensi sepak bola yang mengejutkan. Seiring berjalannya waktu hingga sekarang, rupanya wilayah yang berada di Provinsi Timur ini telah memiliki berbagai klub sepakbola yang siap berkompetisi di liga Indonesia. Tidak hanya Arema FC yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya, tetapi masih ada beberapa klub lain yang diakui keberadaannya oleh PSSI sebagai peserta kompetisi resmi.

Lalu klub apa saja yang menjadi kebanggaan Arek Malang tersebut? Berikut ulasannya untuk kamu Ker.

Arema Indonesia Didirikan Pada Tanggal 11 Agustus 1987, Arema Memiliki Julukan yang Menjadi Kebanggaan Warga Malang yaitu “Singo Edan” (Gambar diambil dari blog logo-share)

Susunan Para Pemain Arema FC Pada Kompetisi Liga 1 2020 (Gambar diambil dari web Kompas.com)

Arema FC Merupakan Tim terbesar dan Tertinggi Kastanya di Malang Raya, Karena Bermain di Liga 1 (Gambar diambil dari web wikipedia.org)

Skuad Persekam Metro FC Pada Saat Naik Kasta dari Liga 3 Menuju Liga 2 dan Memiliki Julukan Macan Kumbang (Gambar diambil dari web Vamosarema.com)

Persekam Metro FC Sempat Menjadi Juara Divisi Satu Indonesia 2009/2010, dan Saat Ini Bermain di Liga 3 (Gambar diambil dari blog Warungvector1)

Para Pemain Persema FC yang Dulu Sempat Diperkuat oleh Dua Pemain Terkenal Indonesia Irfan Bachdim, dan Kim Kurniawan (Gambar diambil dari web Fandom.id)

Persema FC Merupakan Klub Perserikatan yang Didirikan Pada 20 Juni 1953 dan Saat Ini Bermain di Liga 3 (Gambar diambil dari web Kissclipart.com)

Terlihat Para Pemain Muda yang Terlatih di ASIFA FC (Gambar diambil dari web Asifa.co.id)

ASIFA FC Merupakan Singkatan dari Aji Santoso International Football Academy, dan Didirikan Pada Tahun 2013 (Gambar diambil dari web Pssi.org)

Para Punggawa Malang United Pada Kompetisi Liga 3 Zona Jawa Timur Saat Bermain di Stadion Gajayana Malang (Gambar diambil dari web Faktualnews.co)

Malang United Merupakan Klub Baru yang Didirikan Pada Tahun 2017 Untuk Mengikuti Liga 3, dan Memperbarui Logo Mereka yang Baru di Tahun 2018 (Gambar diambil dari Wikipedia.org)

Penulis: Moh. Fiqih Aldy Maulidan

Editor: Rofidah Noor

2 thoughts on “Ini Dia Klub Sepak Bola yang Jadi Kebanggaan Arek Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *