Kecantikan Pantai Batu Bengkung yang ada di Malang Selatan

Keindahan Pantai Batu Bengkung dari Atas (Gambar diambil dari web Jejakpiknik.com)

DIORAMALANG.COM, 24 AGUSTUS 2020 – Tidak heran lagi, jika di Jawa Timur khususnya Malang Selatan banyak sekali menyimpan jutaan surga wisata laut. Sebelumnya Dioramalang telah mengulas tentang keindahan Pantai Nglurung, akan tetapi kali kini akan mengulas salah satu pantai yang juga tak kalah Indah.

Wisata laut satu ini memiliki nama Pantai Batu Bengkung. Pantai ini terletak di pesisir selatan dari Kabupaten Malang tepatnya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Pantai yang terkenal akan kecantikannya ini menjadi tempat langganan bagi para wisatawan di kala liburan, daripada penasaran disimak terus ulasan dibawah ini Ker!

Pantai Batu Bengkung berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga wajar apabila tempat ini menjadi salah satu pantai yang memiliki deburan ombak yang cukup besar.

Seperti yang diinformasikan oleh Tribun.travel.com, yang mana pengunjung tidak disarankan jika ingin berenang di sana harus mengurungkan niatnya ketika ombak sedang naik atau tidak bersahabat. Di sana juga telah disiapkan papan peringatan yang bertuliskan “No Swim” yang artinya adalah pengunjung tidak boleh berenang kecuali di beberapa tempat yang telah ditentukan oleh pengelola.

Sebenarnya para pengunjung dapat berenang di Pantai Batu Bengkung asal datang pada waktu yang tepat, saat karang memecah gulungan ombak yang keras. Sehingga air ombak akan masuk ke dalam cekungan yang akan membentuk kolam air asin secara alami.

Sementara bagi para pengunjung yang ingin berenang tidak perlu merasa khawatir terseret ombak, karena adanya batu karang sebagai penghalang hantaman ombak. Namun dalam hal ini perlu dicatat, bahwa lama-kelamaan kolam akan hilang saat air laut surut.

Suasana Sunset di Pantai Batu Bengkung (Gambar diambil dari web Kompasiana.com)

Pantai Bengkung memiliki nama lain yaitu sabuk panjang, atau biasa dikenal  dengan kain panjang semacam selendang yang dipakai oleh perempuan Jawa, yang  telah melahirkan mereka melakukan teknik bengkung. Teknik bengkung dilakukan untuk merampingkan kembali perut seorang perempuan yang setelah melahirkan.

Hal ini diperkuat dengan hasil laporan dari Travel.detik.com, nama Batu Bengkung berkaitan dengan bentuk batuan di sekeliling pantai. Gugusan karang di sepanjang pantai membentuk lengkungan seperti wanita yang sedang dibengkung. Bengkung adalah kain yang digunakan wanita Jawa setelah melahirkan untuk mengecilkan perut.

Mengenai penamaan pantai sendiri disampaikan oleh Nelen dan Agusniar dalam jurnalnya bahwa aspek latar lingkungan alam (biologis ekologis) mengacu pada tumbuhan (flora) dan hewan (fauna). Misalnya, pantai bakung terdapat banyak bunga bakung. Pantai bakung termasuk ke dalam latar lingkungan alam secara ekologis (flora).

Rute yang harus kalian lewati jika ingin ke Pantai Batu Bengkung yakni dengan untuk menuju lokasi dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2-3 jam dari Kota Malang, berada satu bibir pantai dengan pantai Sendang Biru, Pantai Goa Cina dan Kondang Merak. Sudah ada beberapa petunjuk arah menuju lokasi pantai.

Adanya partisipasi masyarakat dalam mengelola wisata ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Pramadika dkk bahwa pariwisata yang menjadi salah satu alasan penting dalam strategi pengembangan wisata berbasis partisipasi masyarakat. Seperti halnya  di wisata Pantai Batu Bengkung yang mana untuk tiket masuk, saat ini masih dikelola oleh warga sekitar dengan tarif Rp 5 ribu dengan biaya parkir motor Rp 5 ribu dan parkir mobil Rp 10 ribu.

Fasilitas yang tersedia di pantai Bengkung diantaranya:

  • Lahan parkir

Fasilitas satu ini juga penting karena pasti banyak wisatawan yang datang dengan membawa kendaraan pribadi, sehingga kalian harus mencari tempat yang aman dan memadai untuk memarkir kendaraan kalian.

  • Tempat penginapan

Di dekat kawasan Pantai Batu Bengkung kamu juga bisa menemukan penginapan yang menyediakan beberapa kamar dan fasilitas yang lumayan lengkap seperti restoran, kafe dan lainnya. Namun perlu diingat jika harga sewa kamar juga agak mahal.

  • Kantin atau tempat makan

Jangan khawatir Ker kamu tidak akan kelaparan saat berkunjung kesini jika kamu tidak membawa bekal makanan dan minuman. Di area pantai ini tersedia beberapa warung yang juga menjual makanan dan minuman dengan harga yang masih relatif terjangkau.

  • Persewaan kapal

Bagi wisatawan yang ingin menyusuri lautan lebih jauh lagi dan tidak mau hanya dari tepi pantai, bisa menyewa perahu atau kapal wisata milik nelayan yang ada di sana. Atau kamu juga bisa melihat pemandangan dari tengah laut dan berfoto-foto di sana.

  • Kamar mandi umum

Toilet atau kamar mandi umum memang menjadi salah satu fasilitas penting yang wajib dipunyai setiap obyek wisata di manapun, dan di pantai ini kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari toilet umum karena di area ini telah disediakan beberapa yang bisa kamu gunakan jika perlu. Selain itu ada juga bilik-bilik yang bisa anda gunakan untuk berganti pakaian.

Sangat menarik bukan cerita mengenai Pantai Batu Bengkung satu ini. So, tunggu apalagi Ker? Jangan lupa buat ajak keluarga dan saudara serta teman kamu ya buat berkunjung dan buktikan kecantikan dari pantai ini. Oh ya, buat kamu yang ingin berkunjung kesini, kami sarankan berangkat siang hari agar bisa menikmati  pemandangan matahari terbenam yang dijamin nggak bakalan bikin nyesel deh. (Fiq)

Penulis: Moh. Fiqih Aldy Maulidan

Editor: Rofidah Noor

2 thoughts on “Kecantikan Pantai Batu Bengkung yang ada di Malang Selatan

    1. Hai kak terima kasih atas feedbacknya, jangan lupa untuk share ke yang lain ya supaya keindahan Batu Bengkung bisa dinikmati masyarakat luas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.