Nikmati Nuansa Kerajaan Dengan Berkunjung ke Lembah Tumpang

Suasana Lembah Tumpang Resort Kota Malang (Gambar diambil dari web dekatour)

DIORAMALANG.COM, 16 MEI 2020 – Kalau kamu pikir lembah itu hanyalah sebuah jejeran tebing-tebing yang tinggi dengan hamparan rerumputan dan juga sebuah aliran sungai, cobalah kamu berkunjung ke Lembah Tumpang Ker, yang berlokasi di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Lembah yang satu ini tidak hanya akan menyambut para pengunjungnya dengan sebuah pemandangan alam yang sangat indah, tapi juga akan menyambut para pengunjungnya dengan sebuah pemandangan unik yang akan mengingatkanmu pada masa-masa pada era kerajaan zaman dulu.

Sebelum menjadi obyek wisata, Lembah Tumpang pada awalnya hanyalah sebuah lembah dengan area yang tidak terurus Ker. Pemandangan Lembah Tumpang memang cukup indah, namun aksesnya sangat sulit karena terlalu banyak lumpur, sehingga tidak ada spot yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam dari Lembah Tumpang. Lokasinya juga susah dijangkau dan kurang menarik perhatian, itulah mengapa pada awalnya Lembah Tumpang luput dari perhatian masyarakat dan tidak banyak diketahui oleh orang-orang.

Namun dengan memanfaatkan kondisi lembah yang bagus, kondisi airnya yang cukup jernih, dan pemandangannya yang juga cukup indah membuat Yogi Sugito, mantan Rektor dari Universitas Brawijaya ini akhirnya membeli area yang tidak terurus tersebut untuk kemudian diubah menjadi sebuah resort dengan nama yang dikenal hingga saat ini, yaitu Lembah Tumpang Resort.

Lembah Tumpang Resort memiliki sebuah konsep unik yang berbeda dari resort pada umumnya. Resort yang satu ini memanfaatkan kondisi lembah yang sejuk dan indah. Yogi Sugito ingin menghadirkan sebuah nuansa yang membuat para pengunjungnya serasa kembali pada era kerajaan zaman dulu.

“Bangunannya kalau dilihat ini bernuansa kerajaan. Kerajaan Majapahit dan Singosari. Itu maksud saya pertama sebagai kawasan wisata itu harus tampil beda. Mengapa kita pilih Kerajaan Majapahit dan Singosari, yang pertama untuk mengenang kejayaan kerajaan di zaman dulu yang sampai menguasai luar negeri,” ungkap Yogi Sugito yang dikutip dari Kompas.com.

Suasana dalam Lembah Tumpang Resort ini benar-benar mengagumkan loh Ker, Selain digunakan untuk bersantai dan beristirahat kamu juga  bisa menemukan atmosfer sejarah yang amat kental di Resort ini.  Disini terdapat banyak sekali patung dan juga gapura-gapura kecil yang tersebar hampir di setiap sudut area Lembah Tumpang.

Patung yang tersebar di seluruh area Lembah Tumpang memiliki bentuk yang menyerupai tokoh dari para dewa dan juga dewi dalam kepercayaan Hindhu dimana patung dewa dan dewi tersebut biasanya juga terdapat pada bangunan candi yang ada di Indonesia. Suasananya yang masih asri dan sejuk, dengan banyaknya koleksi replika patung, serta gapura disetiap jalannya ini benar-benar akan membuatmu serasa kembali pada masa era kerajaan zaman dulu Ker.

Menjadikan Lembah Tumpang sebagai salah satu objek wisata edukasi memang sangat tepat, terlebih lagi jika pengunjung Lembah Tumpang datang bersama anak usia dini pasti akan sangat baik untuk tumbuh kembangnya di masa depan.

Seperti yang dikatakan Atien Nur Chamidah dalam tulisannya yang berjudul “Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak”. Menurut penelitiannya, tumbuh kembang manusia yang paling penting adalah pada usia yang masih dini, karena anak pada usia tersebut, biasanya memiliki banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dalam benaknya, sehingga anak usia dini biasanya memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar.

Dengan hadirnya wisata edukasi seperti Lembah Tumpang, tempat ini diharapkan dapat menjadi fasilitas untuk mewadahi rasa keingintahuan anak yang tinggi. Mengajak anak-anak usia dini ke tempat wisata yang bernuansa edukasi seperti Lembah Tumpang, juga berguna untuk menghilangkan kejenuhan pada anak, sehingga anak dapat mempelajari banyak hal baru lebih mendalam tanpa khawatir anak jadi cepat bosan. Ditambah lagi fasilitas di Lembah Tumpang sangat cocok untuk berwisata edukasi.

Meskipun Lembah Tumpang Resort masih dalam tahap pengembangan, namum sudah tersedia banyak sekali fasilitas yang bisa kamu coba Ker. Diantaranya ada berbagai area spot untuk berfoto, dua buah kolam renang dengan nuansa kerajaan, kafe, dan juga sebuah penginapan.

Namun untuk kamu yang ingin menginap di Lembah Tumpang Resort, kamu hanya dapat menginap pada hari tertentu saja ya Ker, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu malam karena penginapan hanya dibuka pada saat hari weekend saja.

Tidak lupa, disini juga terdapat replika candi besar yang dikelilingi oleh kolam ikan yang luas. Keberadaan replika candi besar yang berada di tengah-tengah Lembah Tumpang ini menjadi ikon dari Lembah Tumpang Resort dan merupakan lokasi untuk spot foto terbaik yang ada di area Lembah Tumpang Resort.

Kalau kamu sudah tidak sabar untuk mengunjungi Lembah Tumpang Resort, pastikan kamu pergi dengan teman dan seluruh keluargamu Ker, karena tempat ini sangat cocok untuk membuat kenangan indah di masa depanmu nanti.

Untuk dapat mengunjungi tempat ini, jangan lupa juga untuk memastikan kalau dompetmu tidak tertinggal ya Ker, karena untuk dapat memasuki Lembah Tumpang terdapat tiket masuk yang berlaku yaitu Rp 20 ribu untuk anak-anak dan Rp 30 ribu untuk orang dewasa.

Untuk jam bukanya sendiri, Lembah Tumpang sudah mulai dibuka dari pukul 08.00-17.00 WIB, jadi tunggu apa lagi Ker, coba datang dan nikmati keseruanya. (Syz)

Penulis: Syaifudin Zuhri

Editor: Rofidah Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.