Anggunnya Tari Beskalan Putri

Tari Beskalan Putri Dengan Gerakan Yang Anggun (Gambar diambil dari blogkulo)

DIORAMALANG.COM, 2 MEI 2020 – Indonesia sangat kaya akan budaya dan sejarah yang dimiliki pada setiap daerah. Berbagai macam bahasa, tarian, dan budaya yang dimiliki Indonesia tidak membuat kita saling terpecah. Segala upaya selalu dilakukan untuk dapat tetap melestarikan aneka kekayaan budaya yang kita punya. Terutama kalian Ker, yang harus bangga menjadi warga negara Indonesia. Banyaknya tarian pada setiap daerah tentu saja memiliki sejarah yang berbeda pula, begitu pula dengan fungsi-fungsi pada setiap tarian. Malang yang dikenal dengan potensi wisatanya yang tinggi ternyata juga memiliki berbagai sejarah dan kebudayaan yang sangat agung. Seperti yang kita ketahui Malang merupakan Kerajaan Singhasari, tentu saja segudang kebudayaan pada masa Kerajaan Singhasari hingga saat ini masih di lestarikan oleh sebagian masyarakat Malang.

Kesenian yang banyak dikembangkan oleh pemuda dan pemudi atau para penggiat seni Kota Malang adalah seni tari. Salah satunya yaitu tarian, hingga saat ini masih dilestarikan oleh sebagian masyarakat yang peduli dengan tarian peninggalan nenek moyang kita.

Tari ini biasanya ditampilkan oleh lima orang personil saja yang semuanya berjenis kelamin perempuan, ya dari namanya saja Tari Beskalan Putri tentu saja semua penarinya adalah perempuan.

Tari Beskalan Putri ini awalnya berkembang di masyarakat Kabupaten Malang, dan pada mulanya tarian ini ada pada pertunjukkan seni ludruk. Dimana pada saat itu pertunjukkan seni ludruk ini menjadi pertunjukkan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa, terutama pada masyarakat desa di Malang Selatan.

Penjelasan dari laporan Siti Rutmawati kepada Merdeka.com, menjelaskan bahwa pada awalnya Tari Beskalan dimainkan oleh empat penari wanita. Hanya saja, dalam acara tertentu penari Tari Beskalan bisa berjumlah dua orang atau bahkan lebih dari empat orang. Saat pertunjukan, penari menggunakan kostum yang khas Tari Beskalan.

Gerakan tarian ini anggun, lincah serta dinamis. Senada dengan penjelasan Gladis Nadya Asmara dalam jurnal artikel yang ditulisnya, ia menjelaskan bahwa dulunya Tari Beskalan ini memiliki durasi waktu 30 menit, lalu dipadatkan menjadi tujuh menit dan beskalan yang berdurasi tujuh menit tersebut hingga saat ini masih eksis lo ker. Selain itu Tari Beskalan putri ini juga menggabungkan seni tari gaya Malangan juga yang terus dikembangkan seiring berkembangnya zaman. Gerakan-gerakan pada Tari Beskalan Putri ini bahkan memiliki fungsi dan makna tersendiri.

Buat kalian nih Ker, yang tertarik untuk belajar lebih mendalam mengenai fungsi gerakan pada tari beskalan putri kalian wajib baca ini ya Ker. Gerakan Tari Beskalan Putri ini memiliki ciri khas yaitu gerakan yang lincah, dinamis dan feminim, sangat jelas sekali menggambarkan sosok kepribadian putri atau ratu yang begitu anggun namun tetap lincah. Nah maka dari itu, yuk sekarang kita mengenal gerakan Tari Beskalan Putri yang umum Ker.

Masih menurut Gladis Nadya Asmara, dalam jurnal artikel yang ditulisnya, ia menjelaskan bahwa gerakan umum atau koreografi yang ada kini sudah mengalami sedikit perkembangan, namun hal itu tidak menyebabkan hilangnya gerakan yang lama. Pada Tari Beskalan Putri, gerakan yang pertama ada gerakan labas, yaitu motif gerak berjalan, gerakan labas dilakukan dengan mengayunkan kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian. Motif ini terdapat dua jenis yaitu labas lamba dan labas kerep, perbedaan  dari kedua jenis motif labas tersebut ada pada setiap irama lantunan musik gamelan yang mengiringi Tari Beskalan Putri.

Kemudian gerakan umum selanjutnya yaitu sirig, arah gerakan motif ini yaitu maju mundur. Selain itu, gerakan motif sirig, khusus dilakukan oleh tokoh-tokoh Gunungsari pada Wayang Topeng saja. Gerakan ini dilakukan dengan kaki disilangkan ke depan dan ke belakang.

Lalu gerakan umum yang selanjutnya adalah gejug, gerakan gejug yang khas pada tari beskalan adalah gejug mapah. Gerakan ini sama seperti gerakan burung yang begeser ke kanan dan kiri. Terakhir, ada gerakan umum lainnya yaitu gerakan gendewa, motif gerakan ini terdiri dari gerakan tangan yang diikuti dengan langkah kaki ke kanan dan ke kiri.

Macam-macam Tari Beskalan Putri (Foto diambil dari web blog.kulo)

Nah itu dia Ker penjelasan tentang Tari Beskalan Putri. Lumayan menambah wawasan kamu tentang gerakan tari khas Malang ini kan? Hitung-hitung biar nggak kudet-kudet banget lah. Untuk kamu yang ingin mencoba gerakan tarian Tari Beskalan Putri ini, kamu bisa kok mencoba dan mempraktikkan sendiri gerakannya di rumah. Tetap jaga dan lestarikan kesenian ini ya Ker! (Siw)

Penulis: Shofiyatul Izza Wahyuni

Editor: Rofidah Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *