Orem–Orem Khas Malang, Lega Hatiku, Wareg Perutku

Orem-Orem Khas Arema, Makanan Tradisional Khas Malang (foto diambil dari Instagram.com/ayasmlgsaja pada)

DIORAMALANG.COM, 18 APRIL 2020 – Bingung cari makanan murah, enak, dan mengenyangkan? Kalo kamu lagi ada di Kota Malang, bersyukurlah, karena Kota Malang mempunyai makanan tradisional yang sangat amat lezat dengan harga bersahabat. Makanan tersebut ialah orem-orem. Makanan tradisional khas Malang ini, dijamin akan menjadi penyelamat hidupmu saat kondisimu pilu ker. Apalagi kalau kamu adalah salah satu pecinta makanan berkuah, hidangan yang satu ini maka akan semakin cocok untuk kamu.

Masih bingung dan penasaran seperti apa orem-orem khas Malang itu? Berdasarkan laporan dari Aremamedia.com, Orem-orem termasuk masakan yang terbuat dari irisan tempe dan ayam yang digoreng, lalu dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya adalah dengan ketupat atau lontong iris yang diberi tauge, tempe dan disiram dengan kuah sayur santan. Rasa lezatanya masih sangat terjaga dari dulu hingga kini. Meskipun saat ini Orem-orem kalah tenar dari makanan Malang lainnya, namun Orem-orem masih menjadi primadona bagi para penggemarnya.

Sebenarnya Orem-orem sudah ada sejak zaman dahulu kala rek, dimana pada saat itu Orem-orem adalah jenis hidangan yang spesial karena hanya dihidangkan dalam sebuah acara tertentu saja seperti hajatan dan juga pernikahan.

Rasanya yang sangat enak dan begitu digemari ternyata bukan karena tanpa alasan, senjata rahasia mengapa Orem-orem bisa begitu banyak disukai oleh warga Malang maupun para pendatang adalah karena tempe yang dijadikan sebagai bahan campuran Orem-orem tersebut bukan tempe biasa, melainkan tempe khas Malang yakni Mendol. Tempe Mendol inilah yang menjadikan Orem-orem memiliki rasa yang sangat khas dan hanya ada di Kota Malang.

Mendol menjadi menu pelengkap paling penting dalam sebuah hidangan orem-orem, karena cita rasanya yang khas akan menambah kelezatan orem-orem. Mendol sendiri sebenarnya adalah makanan yang berbahan dasar tempe. Kota Malang memang terkenal akan olahan tempenya yang sangat khas, seperti tempe menjes, tempe penyet dan tempe kacang. Untuk pembuatan Mendol, tempe yang digunakan biasanya adalah tempe kacang. 

Tempe yang siap dijadikan mendol sendiri biasanya tempe yang sudah mulai menghitam atau agak basi, dimana warga Malang biasa menyebutnya dengan tempe bosok (busuk). Tempe bosok itulah yang nantinya akan diolah menjadi Mendol. Mendol sebenarnya sangat cocok untuk dihidangakan dalam segala jenis masakan. Hadirnya Mendol sebagai menu pendamping Orem-orem inilah yang menjadikan alasan mengapa orem-orem khas Malang lezatnya tiada tara.

Untuk menikmati seporsi Orem-orem khas Malang, kamu hanya cukup menyediakan uang sebesar Rp 20 ribu saja, tidak lebih, tidak kurang. Dengan harga tersebut kamu sudah dapat menikmati satu paket orem-orem lengkap dengan ayam sebagai lauk tambahan, es teh, dan kerupuk. Sedangkan untuk harga satu porsi Orem-orem sendiri sebenarnya memang sudah sangat amat murah, yakni hanya kisaran Rp 8 ribu dengan ayam, dan Rp 7 ribu jika memakai telur.

Sebenarnya banyak penjual Orem-orem yang bisa dijumpai di Kota Malang, namun Dioramalang.com merekomendasikan kamu untuk mengunjungi warung “Orem-Orem Khas Arema” yang bisa dikatakan sebagai warung tertua yang masih konsisten dalam menjual hidangan Orem-orem.

Penjelasan tentang warung ini juga terdapat pada laporan Yatimul Ainun kepada Kompas.com, dimana Alex selaku pengelola warung mengatakan bahwa warungnya sudah berdiri sejak tahun 1995 dan masih konsisten dalam berjualan Orem-orem hingga saat ini. Untuk lokasi warung “Orem-Orem Khas Arema” sendiri berada di Jalan Blitar No. 14, Kota Malang. Nah, jika perut sudah semakin berbunyi dan timbul minat untuk memesan seporsi, maka tunggu apalagi? Segera datang dan cicipi Orem-orem khas Malang yang melegenda. (Syz)

Penulis: Syaifudin Zuhri

Editor: Rofidah Noor

2 thoughts on “Orem–Orem Khas Malang, Lega Hatiku, Wareg Perutku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *